Potensi Karawang Kota Mandiri yang Berbudaya

UNTUK BOOKING, HUBUNGI
SYAFIQ RIDHO
CALL/WA : 081584759760

Sumber berita: http://tvpnn.com/potensi-karawang-kota-mandiri-berbudaya/

Potensi Karawang Kota Mandiri yang Berbudaya


Karawang berkembang dari yang semula hanya bertumpu pada sektor pertanian menjadi kota industri yang dibanjiri alat-alat berat. Lahan industrial yang sudah penuh di kawasan Bekasi dan Cikarang membuat Karawang menjadi kawasan industri. Komposisi jumlah perusahaan industri di Kabupaten Karawang terdiri dari PMS sebanyak 511 unit PMDN sebanyak 226 unit non fasilitas (diluar kawasan) sebanyak 217 unit dan industri kecil sebanyak 9.025 unit. Berdasarkan website resmi Pemda Karawang, realisasi investasi PMA dan PMDN pada tahun 2014 mencapai Rp 40.924 triliyun.

Keberadaan tenaga kerja asing (TKA) resmi atau legal di Karawang selama 2016 lalu menghasilkan dana retribusi sebesar Rp 14 miliar lebih. Dana sebesar itu tercatat di Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (Sekarang Badan Pendapatan Daerah). “Di Kabupaten Karawang ada ribuan TKA yang masuk secara legal. Keberadaan mereka memberikan kontribusi yang lumayan untuk kas daerah,” ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Karawang Ahmad Suroto, Minggu 19 Maret 2017.





Tak melulu Karawang tentang industri dan pertanian. Jik kita telusuri Kabupaten Karawang juga memiliki tempat wisata yang cukup menarik untuk di kunjungi. Salah satunya adalah Green Canyon, mungkin sebagian orang mengira bahwa Green Canyon di Indonesia hanya di Pangandaran Jawa Barat. Padahal Karawang menyimpan keindahan yang sayang kita lewatkan.
Green Canyon, sebuah ngarai yang terbentuk dari erosi tanah akibat aliran sungai yang mengalir selama ratusan tahun yang menembus gua dengan stalaknit-stalaknit yang diapit oleh bukit bebatuan dengan rimbunan pohon yang hijau. Alamat lokasi Green Canyon Karawang berada di Kampung Tonjong Roke, Desa Medal Sari, Kecamatan Pangkalan – Loji, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Sebuah lokasi paling ujung selatan Kabupaten Karawang yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Bogor.
Selain itu Budaya dan makanan khas juga ada di kota ini salah satunya candi Jiwa yang keterangannya ada di bawah ini.

Kota in juga cukup banyak memiiki kesenian, salah satu kesenian khas masyarakat sunda yang menampilkaan 2-4 boneka singa yang di usung oleh para pemainnyaa sambil menari di atas boneka singa. Disebut juga dengan nama Sisingaan.

Tidak kalah dengan kota lainnya, Karawang juga memiliki kuliner khas yang akan memanjakan lidah anda, soto gempol namanya.

Perkembangan Karawang menuju kota mandiri berawal sejak diputuskannya tempat ini sebagai kawasan industri yang kemudian melahirkan proyek-proyek hunian kelas menengah dengan segudang fasilitas yang memadai. Seiring terus bertambahnya populasi masyarakat di kawasan ini, banyak pengembang potensial yang memberikan fasilitas guna memanjakan para penghuninya. Konsep kawasan industri yang melekat di wilayah Karawang membuat geliat properti ikut berkembang.
Salah satunya adalah Pollux Properties, sukses dengan berbagai macam proyeknya. Pengembang properti berskala international, yang telah sukses melakukan ekspansi ke sejumlah negara-negara di Asia Tenggara ini serius mengembangkan Karawang menjadi sebuah kota yang mandiri. Konsep Karawang Teknopolis tentunya tidak kalah menarik dengan saudara dekatnya Bandung Teknopolis.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

APARTMENT KAIRAKU RESIDENCE

POLLUX TECHNOPOLIS KARAWANG